Senin, 09 Januari 2012

Manfaat Merendam Telapak Kaki

Manfaat Merendam Telapak Kaki

Pada Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT), telapak kaki merupakan titik awal dan akhir dari 6 meridian. Telapak kaki terdapat lebih dari 60 titik akupuntur yang berhubungan dengan kandung empedu, kandung kemih, lambung, limpa, hati, dan ginjal.

Merendam kaki di dalam air hangat dapat membantu membuka meridian yang tersumbat dan meningkatkan sirkulasi seluruh tubuh. Banyak orang mendapatkan manfaat dengan merendamkan kaki mereka ke dalam air hangat, namun tidak semua orang mengerti kapan waktu yang tepat untuk merendam kaki dan beberapa rincian yang perlu diketahui berkaitan dengan merendam kaki.

Merendam kaki di malam hari memperkuat ginjal dan tidur lebih nyenyak

Menurut teori PTT, merendam kaki sekitar jam 21:00 merupakan waktu terbaik untuk meningkatkan energi ginjal karena pada saat itu energi ginjal berada pada titik terendah. Merendam kaki akan membuat pembuluh darah melebar dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini dapat merelakskan seluruh tubuh dan mengurangi kelelahan dari hari yang sibuk secara dramatis.

Merendam kaki juga menambah kualitas tidur. Setelah merendam kaki, pijatlah titik akupunktur Yong Quan (KI 1) yang terletak di bagian bawah telapak kaki selama beberapa menit. Pijatan ini membantu mengatur energi ginjal. Setelah merendam kaki di malam hari, sebaiknya jangan terlalu banyak beraktivitas, usahakan langsung tidur, dan Anda pasti akan tidur dengan pulas.
Merendam kaki di pagi hari menaikkan energi

Waktu lain yang baik untuk merendam kaki yakni di pagi hari. Tidur dengan posisi yang tetap di sepanjang malam, akan membuat aliran darah tidak lancar. Merendam kaki di pagi hari membantu mengatur sistem saraf dan sistem endokrin. Dalam waktu singkat, Anda akan merasa segar dan siap berangkat kerja.

Waktu yang diperlukan untuk merendam kaki

Rendam kaki selama 20 sampai 30 menit. Air jangan terlalu panas atau terlalu dingin. Kira-kira dalam temperatur sedang 38°C. Sebaiknya gunakan ember kayu, jangan logam karena logam akan membuat air terlalu cepat dingin. Tuang air yang cukup hingga menutupi pergelangan kaki Anda.
Tambahkan herbal Tiongkok

Tambahkan beberapa akar Dang Gui (Angelica sinensis) atau akar Dan Shen (Salvia miltiorrhiza). Tambahkan jahe segar akan membantu mencegah flu. Jika Anda menderita arthritis (radang sendi) mungkin dapat menambahkan beberapa lembar kayu manis, lada hitam, dan Hong Hua ke dalam air. Menambahkan bunga Krisan atau Xia Ku Cao akan membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Kondisi yang tidak dianjurkan merendam kaki

Merendam kaki dalam air hangat baik untuk kebanyakan orang, tetapi tidak semua orang dianjurkan melakukannya. Jika menderita penyakit jantung parah, seperti angina atau tekanan darah rendah, akan membuat Anda pingsan saat kaki direndam.

Merendam kaki juga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes karena kulit mereka akan sangat mudah terbakar akibat air hangat. Saat Anda merasa sangat lapar atau baru saja makan terlalu banyak, sebaiknya juga hindari merendam kaki Anda.

Sumber : erabaru.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar